Wednesday, February 24, 2010

SUSAHNYA MENJAGA KEKONSISTEN AN AMAL BAIK

Al - Imanu Yazid wa Yankus. Itulah yang biasa kita dengar dari para Mubaligh/Mubalighah/pembawa ayat-ayat Allah. Artinya Iman itu Naik Turun. Adakalanya iman kita melonjak naik ada kalanya menurun tajam. Naik karena sebab-sebab tertentu turun juga karena tertentunya sebab.

Dalam ilmu fisika jika kecepatan (v) konstan , maka kita dapat mencapai suatu tempat dalam kurun waktu tertentu. Begitu juga dengan Syurga. Tentunya kita akan sampai jika amal2 kebaikan kita konstan (jika mau asal sampai) atau meningkat (jika ingin sampai lebih cepat).
Tapi itulah susahnya manusia. Terlalu banyak faktor yang mempengaruhi ke konstan an suatu amaliah. Sungguh akan sulit di wujudkan jika hanya bergantung pada diri sendiri. Tentunya harus ada yg mengontrol/mengingatkan.
Suatu komunitas tertentu akan membawa kita pada suatu ritme yang tetap atau bahkan meningkat akan suatu amaliah. Maka kepandaian dalam memilih komunitas juga sangat berperan penting dalam mencapai kesempurnaan amal. Salah memilih bukannya membawa kita pada penigkatan amal yang baik malah membawa kita pada amal yang dilarang oleh Allah.
Jadi pemanfaat seluruh faktor-faktor disekeliling kita baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar mutlak diperlukan dalam upaya mengaktualisasikan niat diri menjadi hamba yang kelak wafat dalam Khusnul Khotimah.
Semua kembali kepada diri kita masing masing, mau mewujudkan itu atau tidak.
EmTaufiks
SHARE TWEET

No comments:

Post a Comment